Home Profil Publikasi Regulasi Data Layanan

Visi dan Misi

Tugas dan Fungsi

Struktur Organisasi

Profil Pejabat

 

Laporan Kegiatan 2001

Direktori Asuransi 2001

Kliping

 

Peraturan perundangan

Prosedur Perijinan

 

Statistik Perasuransian

Profil Perusahaan Perasuransian

 

Form Laporan

eReport

Pengaduan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Web Master :

Tim Sistem Informasi Manajemen Direktorat Asuransi

tim-simda.LK@depkeu.go.id

 

 

PEMERINTAH PENUHI TARGET PENYELESAIAN REVISI ATAS PERATURAN PERUNDANGAN DIBIDANG USAHA PERASURANSIAN

(Jakarta, 08/10/2003)

Dalam rangka untuk lebih menjamin peningkatan perlindungan terhadap para pemegang polis pada perusahaan perasuransian, menciptakan iklim usaha perasuransian yang tangguh, dan mendukung perkembangan usaha perasuransian nasional, maka pada akhir bulan September 2003 telah dikeluarkan beberapa Keputusan Menteri Keuangan yang merevisi dan melengkapi Keputusan Menteri Keuangan sebelumnya.

Selengkapnya..........

 

WORKSHOP  “PRINSIP MENGENAL NASABAH”

(Jakarta, 20/6/03) Untuk memfasilitasi penerapan Prinsip Mengenal Nasabah, Departemen Keuangan bekerjasama dengan ADB menyelenggarakan “WORKSHOP PRINSIP MENGENAL NASABAH”. Workshop ini direncanakan diselenggarakan pada 24 Juni 2003, bertempat di ruang Birawa, Gedung Bidakara.

Workshop diselenggarakan dengan peserta dari kalangan perusahaan perasuransian, dana pensiun, perusahaan jasa pembiayaan, dan perusahaan modal ventura. Bertindak sebagai keynote speaker adalah Menteri Keuangan. Workshop juga menampilkan pembicara dari Konsultan ADB, Kepala PPATK, dan pejabat dari Direktorat Asuransi, Direktorat Dana Pensiun, dan Direktorat Perbankan dan Usaha Jasa Pembiayaan.

Workshop bersifat free of charge, bagi Lembaga Keuangan Non Bank yang belum mendapat undangan dapat melakukan konfirmasi ke Sekretariat Workshop dengan menghubungi telepon (021)2312879 atau (021)2312381 extension 3266. (prie)  

Materi Workshop>>

 

DIRJEN LEMBAGA KEUANGAN KELUARKAN SK "PEDOMAN PELAKSANAAN PENERAPAN PRINSIP MENGENAL NASABAH PADA LEMBAGA KEUANGAN NON BANK"

 

Sebagai tindak lanjut keputusan Menkeu No. 45/KMK.06/2003 tentang Prinsip Mengenal Nasabah (PMN), pada tanggal 12 Mei 2003, Dirjen Lembaga Keuangan telah mengeluarkan SK No. 2833/LK/2003 tentang Pedoman Pelaksanaan Penerapan Prinsip Mengenal Nasabah Pada Lembaga Keuangan Non Bank. SK ini juga dilengkapi lampiran yang cukup komprehensif sebagai petunjuk pelaksanaan PMN. Dengan demikian diharapkan lembaga keuangan non bank dapat segera menerapkan PMN.

Keputusan Dirjen LK No. 2833/LK/2003>>

Pedoman PMN Perusahaan Asuransi>>

Pedoman PMN Perusahaan Reasuransi>>

Pedoman PMN Perusahaan Pialang Asuransi>>

Pedoman PMN Konsultan Aktuaria>>

 

Menteri Keuangan Tetapkan Aturan "KYC"

untuk Lembaga Keuangan Non Bank

 

Pada tanggal 30 Januari 2003 Menteri Keuangan telah mengeluarkan Keputusan Menteri Keuangan (KMK) Nomor 45/KMK.06/2003 yang mengatur tentang keharusan untuk menerapkan Prinsip Mengenal Nasabah (PMN) atau yang biasa disebut dengan Know Your Customer Principles (KYC) bagi Lembaga Keuangan Non Bank (LKNB).  Kebijakan Menteri Keuangan tersebut merupakan salah satu upaya untuk menciptakan industri keuangan non bank yang sehat dan berstandar internasional. KMK ini juga melindungi LKNB disalahgunakan untuk kejahatan keuangan, khususnya tindak pidanapencucian uang, baik yang dilakukan secara langsung maupun tidak langsung.

 

selengkapnya>>
 

 

 

Dewan Asuransi Indonesia

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia

Asosiasi Asuransi Kerugian Indonesia

Asosiasi Ahli Manajemen Asuransi Indonesia

 

[Hit Counter]

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  home ke atas